JTF 2019

Tuan Tigabelas Angkat Isu Harimau Sumatera dalam Album Baru

Belakangan ini, hip-hop kembali sedang naik daun. Upi, yang kerap dijuluki Tuan Tigabelas, adalah salah satu rapper bergenre hip-hop telah menggaung dari panggung ke panggung. Setelah debut dengan single pertamanya, Move, Tuan Tigabelas kembali dengan lagu yang meluapkan kekesalannya terhadap isu harimau sumatera yang hampir punah.

Lagu bertajuk Last Roar ini khas dengan bass yang menonjol, ditambah dengan suara alat-alat musik tradisional, memberi nuansa serius yang tak jauh dari makna lirik dalam lagu itu sendiri. Last Roar merupakan salah satu dari 13 lagu yang tergabung dalam album Harimau Sumatera, di mana album ini didedikasikan untuk hutan dan konservasi harimau sumatera.

Sebelum berdiri, Tuan Tigabelas mengaku sudah mencintai lagu bergenre hip-hop sejak 2005 dan terinspirasi dari berbagai rapper ternama seperti Iwa K, Eminem serta 2Pac, yang memiliki sudut pandang berbeda serta karya yang tak lekang oleh waktu. Tuan Tigabelas juga sering kali menggandeng beberapa produser serta musisi terkenal untuk berduet dengannya. Salah satunya adalah Igor Saykoji, yang tak hanya menyumbangkan musik dan ikut bernyanyi dalam lagu itu, Saykoji sekaligus menjadi produser dalam album perdananya ini.