JTF 2019

Nita Aartsen Padukan Musik Klasik dan Ritmis

Meski sosoknya sudah melalang buana sampai ke luar negeri, pianis jazz Nita Aartsen tak lantas meninggalkan identitasnya sebagai musisi Indonesia. Selama lebih dari 15 tahun lamanya, wanita kelahiran Jakarta ini mendedikasikan kemampuan musiknya dengan menjadi seorang pianis negara.

Mempelajari piano sejak usia lima tahun, ketertarikan Nita akan denting alat musik ini terus dilanjutkan hingga beranjak dewasa. Ilmu contemporary jazz ia pilih saat menempuh studi di Moscow Conservatory. Setelah itu, barulah ia kembali ke Tanah Air untuk menjadi pianis negara. Melalui kesempatan emas ini, ia dapat tampil di hadapan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, Pangeran Bernard dari Belanda, serta tamu-tamu terhormat lainnya.

Kecintaan Nita akan musik membuatnya masih tetap manggung hingga saat ini. Ketika bermain jazz, Nita kerap memadukan nuansa klasik sekaligus ritmis. Kombinasi ini tentunya membuat musik yang dihasilkan terasa segar, dan adiktif. Perpaduan ini diberi nama Latin Jazz.

Buah kerja keras Nita pada musik terwujud sebuah album bertajuk All Nite Out. Album pertamanya ini dirilisnya bersama dengan Nita Aartsen Quatro pada 2009. Albumnya menerima sambutan hangat dari para pendengar Indonesia.