JTF 2019

SIMAKDIALOG Hadirkan Permainan Riza Arshad dalam Album Gong

Penampilan SIMAKDIALOG selalu berkesan berkat musiknya yang harmoni. Bagaimana tidak, grup musik jazz kenamaan ini mengombinasikan antara bunyi-bunyian etnik Indonesia dan jazz dengan apik; menyatukan musik yang selama ini dipandang tradisional dengan nuansa modern. Maret 2019, SIMAKDIALOG mengeluarkan album terbarunya yang bertajuk Gong.

Gong sendiri diambil sebagai judul karena komposisi dan progresi chord ditulis berdasarkan rangkaian dialog harmoni nada bunyi dari instrumen gong dan gamelan. Proses rekaman musik dalam album ini cukup panjang. Banyak hal yang harus dilalui sebelum rilis, termasuk peristiwa kehilangan data komposisi mendiang Riza Arshad, sang pendiri. Pada akhirnya, bagian-bagian yang tak terselamatkan diisi oleh Sri Hanuraga pada bagian piano.

Sentuhan Riza Arshad dapat kita dengarkan pada komposisi Gong 1, Gong 4 dan The Tramp. Yang terakhir merupakan lagu yang ditulis Riza bersama Tohpati Ario dan dikerjakan ulang oleh Riza. Sepeninggal Riza Arshad, kini, formasi SIMAKDIALOG terdiri atas Cucu Kurnia (Kendang Sunda), Rudy Zulkarnaen (Bass), Mian Tiara (Vokal), dan Sri Hanuraga (Piano).