JTF 2019

Selebrasi Patah Hati Bersama Didi Kempot

Berkat kekuatan jagad maya, lagu-lagu musisi Didi Kempot berhasil meraih kembali perhatian para anak muda. Meski namanya sempat redup, kini pria bernama asli Didi Prasetyo ini mendapat sebuah titel baru, “Godfather of Broken Heart”. Para pengikutnya dengan bangga menyebut diri sebagai “sadgerls” dan “sadboi”.

Suatu hari, sebuah akun Instagram mengunggah video anak muda bernyanyi penuh penghayatan di sebuah konser musik. Sambil mengepalkan tangan, seorang penonton menyanyikan lagu Cidro mengikuti Didi Kempot di atas panggung. Video ini sontak menarik perhatian, dan rupanya memancing penggemar yang lebih luas lagi.

Formula patah hati yang diangkat pada campursari Didi Kempot, sukses mengajak pendengar untuk terlarut dalam emosi. Dalan Anyar misalnya, berkisah tentang melihat mantan kekasih yang telah menggandeng pasangan baru. Sebuah cerita yang pasti relevan pada siapa saja. Seluruh emosi itu tercurah dalam lirik lagu berbahasa Jawa yang ditulis Didi Kempot. Patah hati seolah dinyanyikan, dirayakan bersama-sama.

Kemunculan kembali Didi Kempot otomatis memberi variasi lain dalam dunia permusikan di Indonesia. Nuansa Jawa yang hadir dalam setiap penampilannya memberi rasa lokalitas tersendiri. Tak hanya merayakan patah hati saja, kebangkitan “Lord” Didi Kempot juga bisa berarti merayakan keberagaman.