JTF 2019

Pamungkas Ramaikan Deretan Solois Pria Indonesia

Sejak merilis album debutnya, Walk The Talk (2018), nama Pamungkas mulai tergaung di telinga para pecinta musik Indonesia. Album yang kental dengan suara elektronik tersebut dapat terbilang cukup sukses. Lagu I Love You But I’m Letting Go contohnya, telah diputar sebanyak lebih dari 1 juta kali di Spotify.

Melihat pencapaian tersebut, Pam—sapaan akrab Pamungkas—tak lantas santai-santai saja. Pada 14 Juni 2019, ia merilis Flying Solo setelah sebelumnya mempublikasikan singel Break It dan Modern Love. Flying Solo sendiri memiliki total sebelas lagu. Uniknya, album ini sendiri dibagi menjadi dua bagian, yang ditandai dengan lagu Intro III dan Intro IV.

Melihat ke belakang, perjalanan Pam untuk masuk di dunia musik bisa dibilang benar-benar dari nol. Ia pernah berprofesi sebagai penyanyi kafe, dan operator rekaman, sebelum akhirnya dipercaya untuk menjadi co-produser maupun produser musik. Tekadnya untuk menjadi solois makin bulat setelahnya.

Pam sendiri merupakan solois yang serba bisa. Ia terjun langsung dalam proses pembuatan lagu-lagu yang ada di dalam albumnya, lantas bercerita mengenai berbagai hal dalam liriknya, mulai dari perspektif kehidupan, cinta, hingga persahabatan. Bulan Juni 2019, Solois asal Jakarta ini baru saja melaksanakan tur bertajuk Flying Solo di lima kota besar di Indonesia.