JTF 2019

Sisitipsi Potret Dinamika Anak Muda Dalam Karya

Mencuri perhatian publik lewat singelnya Alkohol, tak butuh waktu lama bagi Sisitipsi untuk aktif tampil di berbagai pentas seni dan acara musik. Rupanya, tak hanya Alkohol, berbagai lagu Sisitipsi yang lain juga mengangkat kisah dan gaya yang sedikit nyeleneh lewat liriknya.

Gaya yang tak biasa itu dapat dilihat dari penggunaan bahasa slang untuk berbagai judul lagu, sebut saja Bomat! (2016), yang merupakan singkatan dari Bodo Amat dan Polemikanadum (2016), yang berarti Polemik Anak Muda. Kisah seperti salah satu senior di kampus yang mengalami kemalangan akibat drop out dan melakukan tindakan asusila juga diangkat dalam Joni Santai (2016).

Nuansa cinta yang kerap mendominasi proses pembuatan lagu membuat grup yang beranggotakan enam orang ini terinspirasi mengangkat alternatif kisah lain. Ide untuk menulis lagu kebanyakan terpantik seusai nongkrong dan melihat sebuah kejadian. Menanggapi kesan bandel yang melekat pada mereka, Ojan dkk mengaku tak peduli. Mereka hanya ingin jujur dalam mengeluarkan sebuah karya.

Sisitipsi sendiri berdiri sejak 2014, dan telah merilis album perdana bertajuk 73% yang rilis pada 2016. Nama 73 sendiri diambil dari alamat Institut Kesenian Jakarta (IKJ), tempat mereka dahulu menempuh ilmu. Genre musik swing dipilih untuk membawakan kisah-kisah tersebut secara ringan.