share :

Menasbihkan dirinya sebagai Musisi Kamar, itulah Adhitia Sofyan. Memang, pria asal Bandung ini membuat dan merekam lagu-lagunya saat berada di kamar tidur. Sebagaimana dicuplik dari blog pribadinya https://adhitiasofyan.wordpress.com, Adhitia adalah orang rumahan yang sangat cinta berada di rumah. Bahkan dalam gigs perdananya yang bertempat di salah satu kampus di Jakarta ia menyapa audiens dengan “Halo semua, gue Adhitia Sofyan, musisi kamar, agak grogi juga karena hari ini harus main diluar kamar”, gigs itu juga jadi salah satu yang terindah menurutnya.

Perjalanan Sang Musisi Kamar ini bermula saat ia mengirim CD demo rekaman ke sebuah stasiun radio di Jakarta pada tahun 2008. Ada dua lagu yang menarik minat pihak radio yaitu lagu berjudul Adelaide Sky dan Memilihmu. Kedua lagu ini beradu dengan lagu dari musisi lain untuk memuncaki tangga lagu NuBuzz Chart, hasilnya? Adelaide Sky sukses menjadi jawara. Sejak saat itu sejumlah tawaran kerjasama datang, termasuk menjadikan Adelaide Sky sebagai backsong film Kambing Jantan garapan Raditya Dika.

Jalan panjang dilalui penyanyi kelahiran 41 tahun lalu ini. Sampai saat ini ia sudah menetaskan lima album, dan sekarang sedang mengerjakan album ke-enam. Bukan hanya dikenal dalam negeri, karyanya bahkan dikenal di luar negeri. Lagu-lagunya juga dipromosikan di Jepang. Bahkan salah satu iklan kopi di Korea juga menjadikan lagunya berjudul Gaze sebagai background musiknya.