share :

Maulidia Octavia atau lebih dikenal dengan nama Via Vallen lahir di Surabaya, 1 Oktober1991. Ia telah memulai karier di dunia menyanyi sejak umur 15 tahun. Debut single pertamanya dengan judul ‘Selingkuh’ yang dirilis secara nasional pada awal tahun 2015 membuat nama Via melejit. Hingga akhirnya Via makin dikenal pada tahun 2017 berkat lagu fenomena lberjudul ‘Sayang’. Saat ini video musik lagu berbahasa jawa tersebut telah ditonton lebih dari seratus juta kali di kanal Youtube. Hal ini merupakan salah satu rekor pencapaian yang luar biasa dalam karir Via Vallen sebagai penyanyi dangdut pendatang baru di Indonesia.

Dalam perjalanan karir bernyanyi, Via sempat menjadi vokalis grup band pop. Namun, berkat bimbingan ayahnya, ia kembali ke jalur dangdut. Dangdut yang dipilih pun disesuaikan dengan keinginan Via sendiri. Ia memilih dangdut bergenre pop koplo. Lewat genre musik tersebut, ia ingin agar anak-anak muda bisa mencintai musik dangdut juga. Bahkan ia sempat mendapat julukan sebaga i‘Ratu Pop Koplo’ karena sukses membawakan lagu-lagu dangdut dengan genre koplo.

Style penampilan Via yang segar, muda dan modern dengan cirri khas perempuan Korea atau gaya Harajuku a la Jepang membuatnya menjadi penyanyi dangdut yang berbeda dari penyanyi dangdut kebanyakan. Tidak heran bila Via Vallen berhasil menarik banyak mata untuk melihat tiap aksi panggungnya.

Kabar terbarunya, Via mendapat kepercayaan membawakan theme song Asian Games ‘Meraih Bintang’. Lagu tersebut pun terus membuat tren positif. Bila sebelumnya, hanya mampu berada di urutan lima. Namun beberapa hari kemudian 'Meraih Bintang' bisa berada di urutan kedua trending Youtube. Jumlah penonton video musik Meraih Bintang juga terus bertambah. Jika sebelumnya Via Vallen mengantungi 1,2 juta penonton, kini videonya sudah disaksikan lebih dari 14 juta viewers sejak diluncurkan pada 30 Juni 2018.

Selalu membuat netizen heboh di tiap show-nya, seperti saat tampil di ulang tahun Net tv. Kali ini kejutan apalagi ya yang akan dibawakan oleh Via Vallen di Jazz Traffic Festival 2018?