share :

Persahabatan yang dijalin oleh Indra Lesmana, Pra Budidharma, dan Gilang Ramadhan tak hanya terjadi dalam Band Krakatau saja. Di luar itu, ketiganya juga kompak dalam sebuah project yang bernama Kayon. Album "Tree of Life" (Inline Music, 2007) laiknya sebuah rangkuman musik tradisi dari daerah-daerah Aceh, Jawa, Sunda, dan lainnya.

Kabarnya, pula mengusung fase baru di kancah musik jazz tanah air. Bebop, bukan istilah asing di ranah jazz klasik. Namun bebop yang mereka sajikan lebih kaya dengan tambahan pengaruh musik tradisional dari berbagai penjuru nusantara.

Menyuplik bachtiarhakim.wordpress.com, salah satu penikmat karya album ini, semakin mendalami nomor demi nomor di album Kayon nuansa Indonesia makin kental terasa.

“Saya suka track yang berjudul East Coast of Java dan Makepung. Intro East Coast of Java keren abiss”, sebagaimana dikutip dari blognya. Mulai musik Aceh, Sunda, Betawi, Jawa, Bali sampai Papua ada di album “Kayon” ini. Tentu unsur-unsur tersebut tidak hadir dalam setiap detik tetapi muncul dalam beberapa reffrain lalu melebur kembali dengan Free Jazz.

Album Tree of Life ini didistribusikan secara gratis. Abum itu baru dibuat dalam jumlah terbatas untuk dibagikan secara gratis dan sejumlah lagunya juga bisa diunduh melalui situs i-Tunes. Tunggu penampilan mereka di Jazz Traffic Festival 2018.