share :

Berbicara tentang Jazz tanah air, tidak bisa lepas dari sosok Syaharani. Di tahun 2006 Rani, sapaan akrab Syaharani, mengandeng dua teman lamanya, Achmad "Didit" Fareed dan Donny Suhendra, mantan gitaris Krakatau untuk menciptakan sebuah kolaborasi yang dinamakan Syaharani dan Queenfireworks yang merilis album bertajuk ‘Buat Kamu’. Album ini menampilkan komposisi yang light dan cheerful, eksotis, tanpa beban dan tidak njelimet. Pengaruh dari beberapa jenis musik pun terdengar dalam album ini. Ada musik pop, jazz, rock n roll, blues, soul dan bahkan disko, tekno atau pun elektronis. Semuanya dikemas dalam nuansa yang simpel, segar, kreatif, ringan, komunikatif dan lugas.

Album keduanya yang rilis di 2013, Anytime terasa lebih bergairah dan lebih akustik. Secara kebetulan tajuk album ketiga ini adalah “Anytime” yang menurut Syaharani sebagai penggagas bahwa musik yang termaktub di album ini bisa disimak kapan saja. ”Setiap waktu kita bisa menyimaknya” tukas Syaharani yang kini lebih menitikbertakan musiknya secara friendly, hangat dan santai. Sebuah hibrida musik yang segar dan cerdas membaurkan pelbagai kecenderungan bermusik mulai dari pop, soul, funk, folk, rock hingga blues sekalipun.

Lalu di album ketiga, Selalu Ada Cinta disebut Rani sebagai album yang mereka banget. Karena mulai dari penggarapan hingga dapur rekaman dilakukan secara mandiri tanpa dibantu oleh siapa-siapa. Belajar dari pengalaman sebelum-sebelumnya, Syaharani and Queenfireworks tidak mau data-data rekaman jatuh ke tangan investor album. “Agar data-data ini bisa digunakan oleh adik-adik kita kalau mau diremake. Kalau sudah berada di tangan investor, data rekaman ini sudah pasti mereka yang pegang dan kita tidak bisa mengaksesnya lagi sewaktu-waktu”, ujar wanita kelahiran 47 tahun silam ini.