share :

Troy Kurniawan dan rekan-rekannya membuka penampilan di Jazz Traffic Festival 2015 dengan beberapa lagu terbarunya. Troy mengaku lagu ini spesial ditampilkan pertama kali untuk penonton JTF 2015 yang asyik lesehan memenuhi Exhibition Hall Grand City Surabaya.


“Lagu ini belum pernah saya bawakan di manapun,” kata Troy pada penonton. “Saya beri judul… Latinos Jos Gandos! Spesial untuk Suroboyo.”


Usai membawakan instrumental Latinos Jos Gandos, Iga Mawarni datang ke atas panggung dan menyapa penonton dengan tembang Andai Saja. Iga tampil berbalut baju hitam dan kerudung merah kemudian menyanyikan lagu kedua Kasmaran, yang menjadi favorit para penonton.


“Untung semua tahu lagu ini, jadi saya nyanyi separuhnya aja. Separuhnya lagi teman-teman yang nyanyi ya,” pinta Iga pada penonton. Terasa suasana nostalgia saat Iga dan penonton menyanyikan bersama lagu yang rilis tahun 1991 silam itu.


Lagu berikutnya masih dalam nuansa slow dan nostalgia, Troy dan Iga membawakan lagu True Colors yang dipopulerkan Cyndi Lauper pada tahun 1986. Menurut Iga, lagu ini punya makna yang sangat dalam.


“Kita nyanyi sama-sama lagi ya, sambil support teman-teman yang masih suka minder. Lagu True Colors  ini menunjukkan pada kita kalau tiap orang pasti punya keistimewaan masing-masing,” begitu kata Iga sebelum menyanyikan True Colors. Lagu ini juga diaransemen khusus oleh Troy Kurniawan dengan nuansa jazz yang khas.
 

Penampilan mereka ditutup dengan sebuah lagu dari Almarhum Utha Likumahuwa, Mereka Bukan Kita. Iga bercerita bahwa dia sendiri yang meminta Troy untuk mengaransemen lagu ini.
 

“Saya kasih PR lagu ini untuk Troy, lagu ini juga punya makna yang baik, kalau budaya pacaran kita berbeda dengan di luar negeri seperti Amerika. Indonesia tidak punya budaya buka-bukaan,”
kata Iga, sedikit bercanda dengan penonton.


Tepuk tangan terus mengiringi penampilan Troy dan Iga. Tidak hanya kepiawaian Troy dengan gitarnya dan Iga dengan vokalnya yang powerful, tapi juga saat rekan-rekan Troy menunjukkan keahlian mereka
memainkan perkusi, drum, flute dan biola. Iga mewakili semua performer malam itu dengan ucapan terima kasih banyak untuk para penonton di Exhibition Hall Jazz Traffic Festival 2015. (fik)