share :

Suara Surabaya Jazz Traffic Festival 2015 kembali akan digelar di Grand City Convention Exhibition. Tahun ini, Jazz Traffic Festival telah memasuki tahun ke 5, lebih dari 200 artis dipastikan akan ikut mewarnai event yang akan digelar selama dua hari 28-29 November 2015 ini.

Masih sama seperti tahun lalu, 3 stage akan dibangun untuk memanjakan pengunjung. Musisi yang akan tampil dalam event kali ini di antaranya adalah Judika, Kunto Aji, Kahitna, hingga Krakatau Reunion. Tak hanya lagu lawas, beragam lagu anyar hingga lagu yang belum mereka rilis juga akan dimainkan secara perdana di Jazz Traffic Festival kali ini.

Krakatau Reunion misalnya, dalam penampilan kali ini, mereka tak hanya akan membawakan beragam lagu dari sembilan album mereka. "Di Jazz Traffic Festival kali ini, kami akan membawakan beberapa lagu dari album yang saat ini sedang proses pengerjaan," kata Gilang Ramadhan.

Untuk artis internasional, Jazz Traffic akan mendatangkan Eric Legnini Trio. Trio asal Prancis ini akan membawakan repertoire dari beberapa album terakhir mereka yaitu Trippin, The Vox dan Sing Twice dalam versi lebih elektrik.

Eric Legnini dengan piano elektrik Fender Rhodes-nya juga menyajikan beberapa komposisi dari album terbarunya yang bergenre jazz funk.  "Album baru ini bahkan belum dirilis," kata manajemen Eric Legnini.

Pada gelaran Jazz Traffic Festival ini, musisi kelahiran Belgia ini akan tampil bersama Dan Romeo pada bass dan Franck Agulhon pada drum. Ketiganya pertama kali bertemu di satu panggung dalam Festival Jazz Villette 2014 di Paris. Pada saat itu Eric Legnini didapuk untuk merespon repertoire-repertoire Ray Charles sang musisi jazz legendaris.

Dengan mengganti double bass dengan electric bass yang menghasilkan repertoire elektrik, Legnini semakin menguatkan kiprahnya di dunia musik jazz.

Sementara itu, Jazz Traffic kali ini juga akan menyuguhkan lagu-lagu rock yang sengaja didaur ulang dengan memasukkan unsur jazz.

Barry Likumahuwa yang akan mencoba mendaur ulang lagu-lagu Linkin Park pada hari pertama gelaran Jazz Traffic Festival, tanggal 28 November mendatang.

Bassist muda berbakat ini akan mengaransemen ulang lagu Linkin Park yang berjudul In The End, Crawling, Faint, Papercut dan masih banyak lagi. "Saya sendiri menyukai lagu-lagu karya Linkin Park, terutama di album pertama dan kedua," kata Barry.

Sementara itu Rudy Hartono, Sekretaris Ppanitia Jazz Traffic Festival 2015 mengungkapkan, event kali ini tak sekadar menyuguhkan musik, melainkan juga akan membawa penonton mampu meresapi dan merayakan jazz secara keseluruhan.

"Jazz Traffic adalah sebuah ikon kota sehingga penonton tidak sekadar menikmati musik, tapi juga kami bawa untuk turut merayakan jazz," ujarnya.

Selain itu, pertemuan dan dialog antar musisi jazz lintas genre juga komunitas, menjadi brand yang tidak terhapus dalam penyelenggaraan Jazz Traffic Festival 2015. Komunitas jazz lokal, nasional, bahkan internasional bahkan bisa berbagi wawasan untuk memperkaya talenta masing-masing di event ini.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic adalah sebuah program siaran di Radio Suara Surabaya yang mengudara sejak tahun 1983. Adalah Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah ikut mengasuh siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai wafat pada tahun 2012. Om Bubi, sapaan Bubi Chen, diberi slot siaran program Jazz Traffic “Bubi Chen Show” seminggu sekali.

Siaran Jazz Traffic kini tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengapresiasi musisi dan mengenalkan sub genre Jazz Tradisional hingga Free Jazz dan Acid Jazz. Selama 31 tahun mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, melainkan kota-kota lain di Indonesia. (JTF 2015)