share :

Setelah melalui 6 minggu babak penyisihan, 32 grup band bersaing unjuk kebolehan di depan para juri. Rabu (20/05) masih di area outdoor gedung Spazio, jalan Mayjen Yono Suwoyo, digelar semifinal pertama. 5 grup band pilihan juri tampil kembali, untuk memikat para juri, berebut menjadi yang terbaik.

Berturut-turut diawali Sat Projeck, Nadia Bebequtik, Five Chronicles, Six Flat, dan Srundenk. Mereka adalah 5 dari 16 grup band yang lolos babak semifinal. Pentas semifinal ini digelar 3 kali, sebelum kemudian akan dipilih 6 grup band yang akan berjuang memperebutkan juara 1, 2, dan 3.

Animo masyarakat cukup tinggi atas gelaran Jazz Competition yang dihelat Suara Surabaya FM 100 dan MLD Spot ini. Alasan itu pula kemudian memunculkan usulan untuk menggelar Jazz Competition kedua sehabis Lebaran mendatang.

“Baru usulan, kami masih fokus pada penyelenggaraan ini untuk memilih grup band yang layak juara dan layak tampil di Jazz Traffic Festival (JTF) 2015,” terang Ayub Dahana, panitia dari Suara Surabaya Media. Grup band juara Jazz Competition ini selain akan mendapat hadiah berupa uang dan trophy, dipastikan akan tampil di pentas JTF 2015 yang akan di gelar Nopember tahun ini.

Grup band yang bersaing di ajang kompetisi ini dinilai cukup baik. Walaupun beberapa ekspektasi masih belum terpenuhi untuk sampai pada titik terbaik. Setidaknya demikian yang disampaikan Widjang Susetyo, kepada Jazztraffic.com.

“Penilaian di semifinal ini bobotnya lebih berat. Juri harus memilih grup band yang tidak sekedar mampu bermain musik, tetapi yang juga mampu memberi hiburan dan berkomunikasi dengan penonton melalui musik yang ditampilkan,” urai Widjang yang juga seorang Music Arranger.

Dari 16 finalis diharapkan akan didapat juara yang memiliki musikalitas tinggi, dan professional. Dan memiliki kreativitas tinggi dalam mengaransement lagu dalam selera musik jazz yang baik.

Kota Surabaya, yang kini sudah mempunyai event jazz juga diperhitungkan di jagad pentas musik tanah air, Jazz Traffic Festival, diharapkan juga melahirkan lebih banyak lagi musisi-musisi muda yang mampu unjuk gigi dan meramaikan kancah musik tanah air. Wadah-wadah kompetisi demikianlah, yang diharapkan mampu menjadi medianya.