share :

Kolaborasi antara Indra Lesmana dan Dewa Budjana, sebenarnya sudah terjalin lama. Tetapi kesibukan keduanya menjadikan projek bersama jarang mereka lakukan. Kesempatan itu datang ketika event Jazz Traffic Festival 2014 digelar. Menggandeng Shadu Rasjidi (bass) dan Rafi (drummer) membangun sebuah proyek musik bernama ILDB.

Membawakan beberapa lagu, ILDB seakan menunjukkan jika mereka benar-benar Lady Sing Blues-nya Indonesia. Meski hanya instrumen, namun ribuan jazz lovers yang setia menemani penampilan mereka tetap tak merasa asing dengan beberapa instrumen yang dibawakan.

Bahkan ketika lagu berjudul Bulan di Atas Asia dimainkan, ribuan penonton sontak berikan standing applause atas karya lawas Indra yang diciptakan tahun 1993 itu.
Indra mengatakan, kerjasama dengan Budjana sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 1980 -an. Keduanya juga kerap mengaransemen lagu ataupun kompilasi.

"Kami berdua juga banyak berkolaborasi, tapi selalu tertunda untuk mendokumentasikannya dalam bentuk rekaman single, apalagi jadi album," kata Indra Lesmana.

Baru sekitar tiga atau empat tahun lalu, keduanya lantas bersepakat merealisasikan karya-karyanya, untuk ditampilkan ke hadapan publik penikmat musik, terutama musik jazz di Indonesia.

Lewat formasi ILDB, keduanya memiliki keinginan yang sama untuk sering bertemu. Membuat lagu bareng dan menampilkan karya-karya tersebut dalam konser dan berbagai festival. Di event Jazz Traffic Festival Nopember tahun lalu, kesempaatan bagi mereka untuk menampilkan karya yang lama tertunda.