share :

Musik Indonesia bisa lebih hebat dari Korea. Kekayaan kesenian Indonesia pun bisa mengalahkan Korea yang kini sedang naik daun. Itulah yang dikatakan Yovie Widianto dalam konferensi pers Jazz Traffic Festival (JTF) 2012, yang digelar Suara Surabaya.

Ia menanggapi pertanyaan wartawan tentang munculnya musik K-pop. "Indonesia bisa lebih hebat dari Korea. Reog Ponorogo itu bisa mengalahkan Gangnam Style, kok," kata Yovie. Selama ini, Yovie memang dikenal dengan lagu-lagunya yang berbahasa Indonesia. Bukan tanpa alasan, tapi semata karena kebanggaannya terhadap Indonesia. "Indonesia itu ada di musik saya," ujarnya.

Menurut Yovie, bahasa Indonesia lebih dikenal di beberapa negara dibandingkan bahasa Korea. Jika digarap serius, musik Indonesia bisa lebih mendunia daripada Korea. Asal didukung pemerintah. Meski berada di tengah gempuran berbagai genre musik, tapi Yovie tetap menganggap tidak ada kompetisi dalam bermusik. Yovie yang memiliki sejumlah project termasuk diantaranya Yovie & Nuno ini terus menjaga spirit bermusik sebagaimana ia pertama kali tampil. Dan kunci spirit itu adalah ketulusan.

Bagi Yovie, penonton bisa menikmati musik jika para musisi bermain dengan tulus. Tidak itikad untuk menunjukkan sesuatu. Musik yang bagus datang dari hati. Di JTF 2012 ini, Yovie bersama project Yovie & Nuno berkesempatan hadir menghibur Surabaya. Meski mengaku tidak berkonsentrasi pada jazz, tapi Yovie tidak keberatan jika musiknya sedikit banyak terpengaruh jazz. “Sebab musik adalah keindahan,” ungkapnya. Yovie & Nuno saat tampil di JTF 2012 ini mendapat sambutan meriah dari seribuan penonton yang sudah menunggu-nunggu sebelum mereka beraksi di Stage B Exhibition Hall Grand City, Surabaya.