share :

Indra Lesmana, pemusik jazz tanah air, baru saja menyelesaikan album terbarunya yang diberi judul 11-11. Dalam usahanya mendekatkan diri dengan penikmat musik kini Indra memanfaatkan teknologi yang kian berkembang.  Seperti diberitakan Rollingstone.co.id, melibatkan kemajuan teknologi ini diperlihatkan Indra Lesmana di Red White Lounge, Kemang, Jakarta Selatan pada Kamis (8/11) kemarin, tiga hari sebelum peluncuran album mutakhirnya 11-11 yang semuanya digarap dengan menggunakan medium iPad.

Indra Lesmana akan merilis albumnya dalam format aplikasi yang bisa diperoleh di App Store. Album yang memakai numerik 11-11 itu juga menyediakan beragam fitur, mulai dari lirik,tablature, videoklip termasuk game yang unik. Menurutnya, dia bisa melakukan apa saja dengan aplikasi ini tanpa limitasi. ”Saya bisa langsung melakukan interaksi dengan para penikmat musik saya," urai Indra, mengutip Rollingstone.co.id.

Album 11-11 yang secara resmi diluncurkan pada tanggal 11 bulan 11 ini, berisikan 5 komposisi yang semuanya dikerjakan menggunakan i-Pad.Mulai dari menulis komposisi, memainkan musik, merekam dan mixing musik. Kelima komposisi itu adalah “Two Steps At a Time,” ”Reborn (8 Bit Chronicle),”” The Sign," "11:11,” dan “Angels On My Side.” Di lagu yang disebut terakhir Indra Lesmana dinyanyikan secara duet dengan putrinya Eva Celia Lesmana.

Indra menjelaskan kenapa dia memilih App Store untuk merilis albumnya. Menurutnya pilihan untuk mendistribusikannya di App Store, karena fasilitas i-Tunes Store ternyata tidak tersedia di Indonesia. Setiap bulannya, ungkap Indra Lesmana, dia akan melakukan updating dengan menambah sebuah komposisi baru.(lim/M-Comm)