share :

Bawa Budaya Indonesia di Single Pertama

Weird Genius merupakan sebuah grup musik elektronik yang terdiri dari dua YouTuber Indonesia serta seorang DJ. Dua YouTuber itu ialah Eka Gustiwana dan Reza “Arap” Oktovian, sementara DJ yang dimaksud ialah Billy Taner. Ketiganya berfokus di musik elektro dan memiliki visi untuk memperkenalkan Indonesia ke mancanegara.

Mereka pun punya alasan sendiri untuk memilih genre musik elektro. “Karena menurut saya musik elektro yang paling mudah diterima worldwide untuk saat ini,” kata Eka. Billy pun berkata hal yang senada. “Setuju dan kita bisa lihat dari betapa banyaknya festival-festival musik elektro di dunia lagi marak-maraknya. That’s why we decide di electronic music.”

Pada November 2016 lalu, Weird Genius berhasil mengeluarkan single pertama mereka yang berjudul DPS. DPS sendiri adalah singkatan dari Denpasar, tempat yang menjadi inspirasi bagi Weird Genius bermusik. Lagu ini terinspirasi dari keindahan dan budaya Pulau Bali. Mereka juga menggunakan instrumen gamelan pada lagu DPS. Ketika DPS tayang pertama kali di Youtube, langsung mendapatkan komentar-komentar positif. Setelah DPS, Weird Genius mengeluarkan lagu keduanya dengan judul Lunatic. Berbeda dengan DPS, tidak terdapat alunan gamelan atau alat musik tradisional lainnya

Pada Juni 2017, Weird Genius mendapat kesempatan untuk manggung di ajang Viral Fest Asia (VFA) 2017, di Show DC Bangkok, Thailand. Penampilannya menjadi momen yang paling di tunggu-tunggu banyak pengunjung dari Indonesia yang hadir di VFA 2017. Tidak lupa grup musik elektronik tersebut membawakan komposisi DPS. "Ada sentuhan Indonesia di dalamnya. Setidaknya kita akan membawa identitas Indonesia ke negara orang itu sebenarnya yang utama," ujar Eka.

Meski tak tampil lama, Weird Genius berhasil mengguncang adrenalin penonton VFA 2017 berjoget mengikuti musik mash up mereka seperti lagu-"Shape of You" milik Ed Sheeran, "Despacito" milik Justin Bieber, hingga "Closer" milik The Chainsmokers.