share :

Duo musisi Indonesia yang terbentuk dari project musical akustik gitar, bass dan vokal. Warna yang mereka bentuk dari tiga instrument ini adalah folk, jazz, blues, rock and roll dan ballads. Mereka berdua dipertemukan di sebuah band yang pada awalnya berkonsep rock pada tahun 2003 awal. Selepas band tersebut di tahun 2004, Endah Widiastuti membangun citranya sebagai seorang solois seperti sebelum ia bergabung dengan band tersebut.

Endah merekam beberapa lagunya dalam album berjudul “The New Beginning” yang berisi empat lagu dan dijual secara sendiri dengan produksi terbatas. Di satu lagu dalam album tersebut Rhesa Aditya menambahkan bass dan menjadi sebuah perpaduan apik antara ketiga instrument tersebut (vokal, gitar dan bass). Lagu itu berjudul “When You Love Someone.” Sejak saat itu mereka berdua sering bermain bersama di acara-acara universitas dan respon yang didapat sangat positif. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk membuat sebuah nama duo yang diambil dari nama mereka sendiri yaitu Endah n Rhesa.

Endah dan Rhesa sendiri telah menjadi pasangan suami istri yang menikah pada 5 Desember 2009. Soal inspirasi, Endah n Rhesa mendapatkan inspirasi untuk mulai bermain dalam format minimalis akustik justru dari band-band lokal seperti Cozy Street Corner, Bonita dan Anda.

Untuk membuat sebuah lagu, mereka mempunyai cara tersendiri. “Kita tergantung konsep, biasanya cerita dulu dari awal sampai akhir. Terus kita bikin setting ceritanya di mana, misalkan tentang air. Terus kita bikin musiknya, misalkan temanya di pantai baru kita bikin musik seperti itu, kalau tentang gunung ya (nuansanya) gunung,” kata Rhesa. Kadang musisi sering bermasalah dengan mencari inspirasi dan mood menulis lagu. Bagi Endah n Rhesa, hal tersebut bukanlah satu halangan dalam berkarya. “Excitement  itu bisa dicari tapi yang bagus excitement yang mendukungkaryanya”,pungkas Endah