share :

Sheila On 7, sejak awal kiprahnya di dunia musik tanah air telah banyak menorehkan prestasi. Satu diantaranya menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik sebanyak lebih dari satu juta copy, tiga album berturut-turut. Tidak itu saja, penggemar setia mereka, yang biasa disapa Sheilagank, tersebar hingga ke negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Grup band asal Yogyakarta, yang menetapkan kelahirannya pada tanggal 6 Mei 1996 ini, secara resmi meluncurkan album pertamanya pada tahun 1998. Dengan nama album Sheila On 7, memuat 10 lagu dengan debut andalan Jadikan Aku Pacarmu (JAP) dan Anugerah Terindah Yang Pernah Ku Miliki.

Tahukah Anda dari mana asal nama Sheila On 7? Mengutip sheilaon7.com, kata Sheila sebenarnya berasal dari nama teman SMA Eross, yang juga teman SD Adam dan Duta. Konon, saat pertama Adam dan Eross berkenalan, Adam memanggil Eross dengan panggilan “Temannya Sheila ya?”

Demikian Eross menjawab; “Kamu temannya Sheila juga ya?” Nama tersebut seringkali disebut dalam perbincangan mereka. Sementara “On 7” maksudnya adalah, ada 7 nada yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si. Sehingga nama “Sheila On 7” kira-kira artinya adalah teman-temannya Sheila yang memainkan 7 nada/ alias memainkan musik.

Kini nama Sheila On 7 sudah kondang di kalangan penikmat musik Indonesia. Hingga kini sudah 12 album diluncurkan. Album terakhir mereka diluncurkan tahun 2014, dengan label Musim Yang Baik, dengan lagu andalan Lapang Dada. Sheila On 7 kini terdiri dari Brian (drum), Eross (guitar), Duta (vocal), dan Adam (bass). Dari masing-masing huruf pertama nama mereka bisa digabungkan menjadi “B.E.D.A.”

Kini grup yang juga popular dengan lagu Sephia ini kian matang. Berbagai pentas dan festival telah dilalui. Tahun lalu mereka juga tampil di pentas Soundrenaline 2016, di Bali. Tidak tanggung-tanggung, karena pada kesempatan itu juga tampil Pierre Bouvier bersama grupnya Simple Plan. Penasaran dengan aksi panggung Duta Cs., yuk saksikan di pantas Jazz Traffic Festival, 18-19 Agustus 2017 di Surabaya.